cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2012)" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MENGAJARKAN MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR Herman Herman
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 8, No 1 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v8i1.802

Abstract

Abstract The objective of the research is to produce a learning instruments of direct instruction in teaching the equilibrium of rigid body which is valid, practical, and effective. This study is development  research. The desired products to be produced is the learning instruments of direct instruction to teach the equilibrium of rigid body lesson which is valid, practical, and effective. The product consists of four components (1) student’s book, (2) student’s’ worksheet, (3) the lesson planning, and (4) competence achievement test. The development  process employs 4-D Model from Thiagarajan, Semmel, and Semmel. The test is conducted to class XI of science 2 students at SMA Negeri 15 Makassar. The result from the test is the learning instrument which is valid, practical, and effective. Based on the implication and result of the research, it is suggested that (1) to Research who are interested to develop further study to be aware on the research limitation in order to improve this study, (2) the develop to other material/lesson to motivate students to be active, enjoy, and interested to study physics. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk  menghasilkan perangkat pembelajaran model pengajaran langsung dalam mengajarkan materi kesetimbangan benda tegar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran model pengajaran langsung untuk mengajarkan materi kesetimbangan benda tegar yang valid, praktis dan efektif. Produk tersebut terdiri atas 4 komponen, yaitu: (1) Buku Siswa, (2) Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Tes Pencapaian Kompetensi. Proses pengembangan menggunakan model 4-D dari Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Uji coba dilakukan pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 15 Makassar. Hasil yang diperoleh pada uji coba tersebut adalah perangkat pembelajaran model pengajaran langsung yang valid, praktis, dan efektif. Sebagai implikasi yang diperoleh dari hasil penelitian ini, disarankan: (1) bagi peneliti yang berminat mengembangkan lebih lanjut penelitian ini diharapkan mencermati keterbatasan penelitian, sehingga penelitian selanjutnya dapat menyempurnakan hasil penelitian ini, (2) pengembangan perangkat pembelajaran model pengajaran langsung hendaknya dikembangkan juga untuk materi lain agar dapat membuat siswa lebih aktif, senang, dan tertarik dalam belajar fisika. Kata Kunci: pengembangan perangkat, model 4-D, model pengajaran langsung
STUDI PROFIL TERMODINAMIKA AWAN GUNTUR DI WILAYAH MAKASSAR DAN SEKITARNYA Muhamad Biyadihie Adikuasa; Aslim Aslim; Muhammad Arsyad
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 8, No 1 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v8i1.809

Abstract

Abstract: Makassar and its surrounding region is the region's most high thunderstrom day in central Indonesia, a total of 150 day/year. This study aims to analyze the thermodynamic profile of thunder clouds in Makassar Hasanuddin Meteorological Station, during the rainy season and dry season, by calculating the thermodynamic variables (saturated vapor pressure, virtual temperature, potential temperature and mixing ratio) vertical per standard isobaric layer. The results showed that both the rainy season and dry season, cloud thermodynamic profiles vertically reduced per standard isobaric layer. The value of each variable tends to be small in the morning, after that gradually increases during the process of cloud formation Guntur. Abstrak: Wilayah Makassar dan sekitarnya  merupakan wilayah yang paling tinggi hari guruhnya di Indonesia bagian tengah, sebanyak 150 hari/tahun. Penelitian ini bertujuan menganalisa profil termodinamika awan guntur di Stasiun Meteorologi Hasanuddin Makassar, saat musim hujan dan musim kemarau, dengan menghitung nilai variabel-variabel termodinamika (tekanan uap jenuh, temperatur virtual, temperatur potensial dan nisbah percampuran) secara vertikal per lapisan standar isobarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik saat musim hujan maupun musim kemarau, profil termodinamika awan berkurang secara vertikal per lapisan standar isobarik. Nilai masing-masing variabel cenderung kecil saat pagi hari, setelah itu berangsur-angsur meningkat saat proses pembentukan awan Guntur.   Kata kunci: awan guntur, variabel termodinamika, profil termodinamika, lapisan standar isobarik.
STUDI FISIS TERJADINYA SIKLON TROPIS KIRRILY TAHUN 2009 Andhi Ahmad Setiawan; Pariabti Palloan Pariabti; Agustinus Jarak Patandean
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 8, No 1 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v8i1.803

Abstract

Abstract. This study examines the formation of Tropical Cyclone Kirrily that occurred in April 2009. Tropical cyclone is very unique because it is formed in the region of Indonesia and the sea very close to the equator the Arafuru Sea. Assessments performed included analysis of the formation of Tropical Cyclone Kirrily in 2009 by Gray and Zehr, and the calculation of the kinetic energy of the system is viewed from the cyclone maximum wind speeds. First, based on the theory of Gray, the assessment is done by calculating the value of the parameters of the tropical cyclone formation that is then analyzed whether the value of each parameter is eligible. Second, based on the theory Zehr, assessment done by looking at the vertical profile graphs the relative vorticity and divergence every six hours from 15 to 29 April 2009. Then the analysis was done by comparing the pattern of the graph with the graph pattern according to Zehr. Third, the kinetic energy calculations performed by assuming that the system of a tropical cyclone is a circle of diameter 550 km, with a moving mass of water vapor up to a height of 300 mb. The results obtained are that the parameters that favor the formation of tropical cyclone Kirrily 2009 can be obtained. Value of the parameters forming the 2009 Tropical Cyclone Kirrily fit the theory put forward by Gray. Criteria proposed by Zehr has also met with the detection of the first and second seruakan. Kinetic energy between layers on 15-29 April 2009 obtained with the largest value that is ± 0039 Joules at 925-850 mb layer on 17 April at 06 UTC. Abstrak. Penelitian ini mengkaji tentang pembentukan Siklon Tropis Kirrily yang terjadi pada April 2009. Siklon tropis ini sangat unik karena terbentuk di wilayah laut Indonesia dan sangat dekat dengan equator yaitu di Laut Arafuru. Pengkajian yang dilakukan meliputi analisis pembentukan Siklon Tropis Kirrily tahun 2009 menurut Gray dan Zehr, serta perhitungan nilai energi kinetik dari sistem siklon ini dilihat dari kecepatan angin maksimumnya. Pertama, berdasarkan teori Gray, pengkajian dilakukan dengan menghitung nilai parameter-parameter pembentuk siklon tropis yang kemudian dianalisis apakah nilai pada masing-masing parameter tersebut memenuhi syarat. Kedua, berdasarkan teori Zehr, pengkajian dilakukan dengan melihat grafik profil vertikal vortisitas relatif dan divergensi setiap enam jam dari tanggal 15 sampai 29 April 2009. Kemudian analisis dilakukan dengan membandingkan pola grafik tersebut dengan pola grafik menurut Zehr. Ketiga, perhitungan energi kinetik dilakukan dengan mengasumsikan bahwa sistem siklon tropis ini merupakan suatu lingkaran berdiameter 550 km, dengan massa uap air yang bergerak sampai ketinggian 300 mb. Hasil yang diperoleh yaitu bahwa parameter-parameter yang mendukung terbentuknya siklon tropis Kirrily 2009 dapat diperoleh. Nilai parameter-parameter pembentuk Siklon Tropis Kirrily tahun 2009 sesuai menurut teori yang diajukan Gray. Kriteria yang diajukan oleh Zehr juga telah terpenuhi dengan terdeteksinya seruakan pertama dan kedua. Energi kinetik antar lapisan pada tanggal 15-29 April 2009 diperoleh dengan nilai terbesar yaitu ±0.039 Joule di lapisan 925-850 mb pada tanggal 17 April jam 06 UTC. Kata kunci: siklon tropis, teori kirrily, gray, dan zehr, parameter siklon tropis
PENGEMBANGAN PROGRAM SIMULASI KOMPUTER BERBASIS VISUAL BASIC APPLICATION PADA PERKULIAHAN GELOMBANG DAN OPTIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF CALON GURU FISIKA Muhammad Tawil; Nurhayati Nurhayati
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 8, No 1 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v8i1.810

Abstract

Abstract. This study aimed to increase creative thinking skills prospective teachers on the topic of wave and optical physics and to study the response of physics teacher candidates on a computer simulation based learning. To study how the characteristics of problem-basesd learning on the computer simulation matter wave in enhancing creative thinking skills of prospective teachers of physics? The research method used was a mixed methods research designs Embedded Experimental Model. The results found that there was an increase creative thinking of prospective teacgers on the topic wave physics in the high category and physics teacher candidate responses to learning based on computer simulation of matter wave is very positive as well as prospective physics teachers have no difficulty in following this learning. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif calon guru fisika pada topik gelombang dan untuk mengetahui respon calon guru fisika terhadap pembelajaran berbasis simulasi komputer. Masalah penelitian bagaimana karakteristik pembelajaran berbasis simuasi komputer pada materi gelombang dan optika dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif calon guru fisika? Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan disain penelitian Model Experimental Embedded. Hasil penelitian ditemukan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif calon guru fisika pada topik gelombang dengan kategori tinggi dan respon calon guru fisika terhadap pembelajaran berbasis simulasi komputer pada materi gelombang sangat positif serta  calon guru fisika tidak mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran ini. Kata kunci: simulasi komputer, keterampilan berpikir kreatif, topik gelombang, respon calon guru fisika
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS II SMA NEGERI 1 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA Kemala Suryansari
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 8, No 1 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v8i1.804

Abstract

Abstract. This research is an experimental research that aims to: (1) knowing how high the learning outcomes achieved by Physics students in class II of SMA Negeri 1 Sungguminasa who taught by using direct instruction model with CTL approach; (2) knowing how high the learning outcomes achieved by Physics students in class II of SMA Negeri 1 Sungguminasa who taught by using conventional method; and (3) knowing whether there is significant difference between the learning outcomes achieved by students of class II SMA Negeri 1 Sungguminasa taught using direct instruction model with CTL approach and the learning outcomes achieved by the students who taught by using conventional learning method. The population in this research is all of students in grade II of SMA Negeri 1 Sungguminasa Academic Years 2007/2008. The sample research consist of two classes with number of students is of 74 students. This sampling used random sampling techniques. Instrument used in this research was achievement test. The results of this research showed that: (1) learning outcomes of students who taught by direct instruction method with CTL approach is of 80.5 which is in high category, (2) the learning outcomes of students who taught by conventional instruction models is of 50.4, which is in low category; and (3) direct instruction model with CTL approach could significantly affect the physics learning outcomes.   Abstrak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen  dan bertujuan untuk mengetahui : (1) seberapa besar hasil belajar Fisika yang dicapai oleh siswa kelas II SMA Negeri 1 Sungguminasa  yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning); (2) seberapa besar hasil belajar Fisika yang dicapai oleh siswa kelas II SMA Negeri 1 Sungguminasa  yang diajar dengan menggunakan pengajaran konvensional; dan (3) perbedaan yang berarti antara hasil belajar yang dicapai siswa kelas II SMA Negeri 1 Sungguminasa  yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ?. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas II  SMA Negeri 1 Sungguminasa tahun ajaran 2007/2008, sedangkan sampel penelitiannya sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 74 siswa. Teknik permilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah tes hasil belajar fisika. Hasil penelitian menunjukkan : (1) hasil belajar fisika siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung melalui pendekatan CTL sebesar  80,5 termasuk dalam kategori tinggi, (2) hasil belajar fisika siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional sebesar 50,4, termasuk dalam kategori rendah, dan (3) model pembelajaran langsung melalui pendekatan CTL dapat mempengaruhi secara berarti hasil belajar fisika. Kata Kunci: Pembelajaran langsung, Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar fisika.
APLIKASI PERSAMAAN REGRESI LINIER BERGANDA PADA PENENTUAN SUHU UDARA RATA-RATA HARIAN DI STASIUN METEOROLOGI HASANUDDIN MAKASSAR Ahmad Yani
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 8, No 1 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v8i1.811

Abstract

Abstract. The air temperature is weather or climate elements that need to be observed and predicted. In order to predict the daily average of air temperature in Stasiun Meteorologi of Hasanuddin Makassar, the author examines the degree of linear relationship between the daily average of air temperature by using multiple linear regression equation ( cal) with the daily average of actual air temperature ( 24)  by using hourly temperature data in 2003, 2004 and 2005, and then tested in 2006 were taken from Stasiun Meteorologi Kelas I of Hasanuddin Makassar. Abstrak Suhu udara merupakan unsur cuaca atau iklim yang perlu diamati dan diprediksi. Untuk dapat memprediksi suhu udara rata-rata harian di Stasiun Meteorologi Hasanuddin Makassar maka penulis meneliti seberapa besar derajat hubungan linier antara nilai suhu udara rata-rata harian menggunakan persamaan regresi linier berganda ( cal) dengan nilai suhu udara rata-rata harian yang sebenarnya ( 24) dengan menggunakan data suhu tiap jam pada tahun 2003, 2004, dan 2005 yang kemudian diujikan di tahun 2006 yang diambil di Stasiun Meteorologi Kelas I Hasanuddin Makassar.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA SETTING KOOPERATIF TERPIMPIN (SKT) PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 MAJENE Hamsyim Hammaali
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 8, No 1 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v8i1.807

Abstract

Abstract. This research employs a pre-experimental design to examine the students’ learning achievement in the subject of material elasticity after being taught by using physics lesson of guided cooperative setting model. The population of this research was the entire second grade students of science class at SMA Negeri 1 Majene which was three classes consisted of 103 students. The sample of the research was taken randomly one out of three classes with 31 students as the number of samples.Data analysis used in this research was descriptive statistic analysis and inferential statistic analysis. Descriptive statistic was used to analyze the instructional instrument validity and to describe the students’ learning achievement, and the inferential analysis was used to test the hypothesis by using t-test. The result of the research reveal that: (1) response of second grade students of science class of SMA Negeri 1 Majene toward the instructional process and instructional model of physics of leaded cooperatif setting on the subject of material elasticity was meanly on the category of very satisfied; (2) learnig achievement of second grade students of science class at SMA Negeri 1 Majene on the subject of material elasticity after taught by using physics lesson model of leaded cooperative setting was significantly achieve the Minimal Completeness Criteria (MCC) on the degree of authenticity α=0.05. Abstrak.Penelitian ini menggunakan disain pra eksperimen, untuk melihat seberapa besar hasil belajar siswa dalam pokok bahasan elastisitas bahan setelah diajar dengan Model Pembelajaran Fisika Setting Kooperatif Terpimpin (SKT). Populasi  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Majene yang berjumlah tiga kelas terdiri dari 103 siswa. Sedangkan sampel penelitiannya dipilih secara acak satu kelas dari tiga kelas tersebut dengan jumlah sampel 31 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran dan mendeskripsikan hasil belajar siswa. Sedangkan analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji “t”. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) respon siswa kelas XI IPA  SMA Negeri 1 Majene terhadap proses pembelajaran dengan model pembelajaran Fisika Setting Kooperatif Terpimpin (SKT) pada pokok bahasan elastisitas bahan rata-rata ada pada kategori sangat senang, (2) hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Majene pokok bahasan elastisitas bahan sesudah diajar dengan model pembelajaran Fisika Setting Kooperatif Terpimpin (SKT) secara signifikan rata-ratanya mencapai  KKM  pada taraf nyata α = 0,05. Kata kunci: model pembelajaran fisika SKT, respon Siswa, hasil belajar, KKM
HUBUNGAN INDEKS PENGUAPAN PERAIRAN DI SEKITAR SULAWESI SELATAN DENGAN SEBARAN CURAH HUJAN DI DARATANNYA Bahri, Syamsul
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 8, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v8i1.812

Abstract

Abstract In macro-scale rainfall affected by the waters as a source of water vapor. Water vapor can be estimated by knowing the evaporation index. Volatility Index is a number or numbers that indicate the intensity of evaporation that might occur to a meteorological conditions and the specific area. Evaporation index values ​​obtained from the theoretical wind speed and temperature difference between sea surface temperature and surface air temperature. Evaporation in the waters of the index could be expected to affect the distribution of monthly rainfall in South Sulawesi mainland, so the author tries to correlate the pattern of rainfall distribution in South Sulawesi with an index value of evaporation to see the closeness of their relationship. The results of the correlation index of evaporation and precipitation patterns of monthly indexes and evaporation of the waters of the western part of Southern positive correlated with monthly rainfall patterns to the west and south of mainland South and negatively correlated with rainfall patterns Eastern. Index evaporation East Sulawesi waters positively correlated with pattern of monthly rainfall areas of the eastern mainland of South Sulawesi, but negatively correlated with rainfall patterns land area of South Sulawesi, West, Central and North and South. Scale value of the coefficient of correlation can be seen in appendix page 68. Both relationships are greatly influenced by the movement of the sun's apparent annual and monthly distribution of wind speed, topography is slightly different, and besides that the direction of the wind blowing toward the south Sulawesi mainland differences also influence the pattern of monthly rainfall and monthly evaporation index value. Abstrak: Dalam skala makro curah hujan dipengaruhi oleh perairan sebagai sumber uap air. Uap air dapat ditaksir dengan  mengetahui Indeks penguapan. Indeks Penguapan  merupakan angka atau bilangan yang menunjukkan intensitas penguapan yang mungkin terjadi untuk suatu kondisi meteorologi  dan pada luasan tertentu. Nilai Indeks Penguapan diperoleh dari hasil perkalian kecepatan angin dan  perbedaan suhu antara suhu muka laut dan suhu udara permukaan. Indeks Penguapan di perairan diduga dapat mempengaruhi distribusi curah hujan bulanan di daratan Sulawesi Selatan, sehingga penulis mencoba mengkorelasikan pola distribusi curah hujan di Sulawesi Selatan dengan nilai indeks penguapan untuk melihat keeratan hubungan keduanya. Hasil korelasi indeks penguapan dan pola curah hujan bulanan yaitu indeks penguapan perairan bagian barat dan Selatan berkorelasi postif dengan pola curah hujan bulanan bagian Barat dan selatan daratan Sulawesi Selatan dan berkorelasi negatif dengan pola curah hujan bagian Timur. Indeks penguapan perairan bagain Timur Sulawesi berkorelasi positif dengan pola curah hujan bulanan wilayah bagian Timur daratan Sulawesi Selatan namun berkorelasi negatif dengan pola curah hujan wilayah daratan Sulawesi Selatan bagian Barat,Tengah dan Utara serta Selatan. Nilai besaran koefisien korelasinya dapat dilihat pada lampiran halaman 68. Kedua hubungan tersebut sangat dipengaruhi oleh pergerakan semu tahunan matahari dan distribusi kecepatan angin bulanan, kondisi topografi yang berbeda beda, disamping itu arah angin yang bertiup menuju ke daratan Sulawesi selatan juga ikut mempengaruhi perbedaan pola curah hujan bulanan serta nilai indeks penguapan bulanan. Kata kunci:   indeks penguapan, pola curah hujan, arah angin, topografi,  korelasi positif, korelasi negatif.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 3 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 1 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 2 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 3 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 2 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 1 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 15, No 3 (2019): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 2 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 3 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 1 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 13, No 3 (2017): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 3 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 2 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 1 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 11, No 3 (2015): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 11, No 2 (2015): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 11, No 1 (2015): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 10, No 3 (2014) Vol 8, No 3 (2012) Vol 8, No 3 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 8, No 1 (2012) Vol 8, No 1 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 7, No 2 (2011): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 7, No 2 (2011) Vol 7, No 1 (2011) Vol 7, No 1 (2011): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA More Issue